Agendakan Kolaborasi, Pimpinan Baru BPNB Kunjungi Balai Arkeologi Provinsi Sulsel

Makassar, Balar Sulsel—Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan (BPNB Sulsel) mengunjungi kantor Balai Arkeologi Provinsi Sulawesi Selatan (Balar Sulsel) untuk menjalin silaturahmi serta mengagendakan kolaborasi kegiatan penelitian dan Rumah Peradaban antara BPNB Sulsel dan Balar Sulsel. Kunjungan tersebut merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan hubungan kerjasama yang baik antara Balar Sulsel dan BPNB Sulsel kedepannya.

Sambuatan Kepala Balar M.Irfan Mahmud, S.S., M.Si., Kepala BPNB bersama Tim Peneliti di Kantor Balar Sulsel.

M. Irfan Mahmud, S.S., M.Si. selaku kepala Balar Sulsel menyambut baik kunjungan Andi Syamsu Rijal, SS., M.Si. selaku Kepala BPNB, kegiatan yang dilaksanakan pada jumat (12/09/2020) diikuti oleh koordinator peneliti yaitu Dr. Hasanuddin, M.Hum., peneliti senior yaitu Bernadeta AKW, dan tim penelitian yang tergabung.

Kepala Balar Sulsel M. Irfan Mahmud, S.S., M.Si. dan Kepala BPNB Sulsel Andi Syamsu Rijal, SS.,M.Si

Ada beberapa agenda BPNB Sulsel yang telah dirancang dalam kegiatan penelitian kolaborasi di tahun 2020 dengan beberapa tema terkait perkembangan seni dari masa prasejarah di Leang-leang, Kabupaten Maros, seni lukisan dan ragam hias makam di Kabupaten Gowa dan landscape Budaya.

Berdasarkan rancangan kegiatan yang dilakukan, koordinator Peneliti dari BPNB Sulsel, Drs. Muh. Ami, M.Si. menjelaskan bahwa hasil penelitian yang dilakukan oleh BALAR dan BPNB nantinya akan dikemas menjadi suatu bahan pembelajaran menarik bagi siswa dan diharapkan dapat berkontribusi pada penguatan karakter bangsa Indonesia.

“Kami menyambut bahagia rencana kolaborasi penelitian apalagi kerja sama ini dilakukan oleh dua lembaga yang berada di naungan kementerian yang sama, diketahui juga jika BPNB sangat memahami kajian-kajian terkait filosofi nilai-nilai tradisi Kebudayaan, sedangkan Balar Sulsel dengan kajian-kajian tinggalan kebudayaan, diharapkan kolaborasi ini akan semakin memperkaya hasil-hasil penelitian di wilayah Sulawesi Selatan dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Kepala Balar Sulsel.

“Kami melihat kegiatan-kegiatan yang selama ini dilakukan BNPB sangat menarik, kami berharap bisa berintegrasi karena menarik antusias anak-anak sekolah, BPNB memiliki banyak pengalaman, kedepannya kami ingin menjalin diskusi bersama sehingga kementerian kita menjadi semakin terpadu”. Lanjut kepala Balar Sulsel.

“Kami sebelumnya pernah melaksanakan kegiatan Kemah Bakti di Pangkal Pinang yang melibatkan Siswa-siswi Pelajar se-indonesia, Balar pun juga sama memiliki agenda kegiatan yaitu Rumah Peradaban, tepat sekali jika kedepannya Balar dan BNPB bisa saling bekerja sama, mengenalkan tinggalan kebudayaan yang dilengkapi dengan memamerkan tradisi, produk lokal dan kue-kue tradisional suatu daerah. Mungkin bisa diagendakan dalam kegiatan-kegiatan Rumah Peradaban berikutnya”, Kata Kepala BNPB.

Kepala Balar juga menanggapi serius terkait kolaborasi dengan tema-tema yang telah direncanakan oleh BPNB Sulsel dan, beliau juga akan membahas konsep kolaborasi tersendiri bersama koordinator peneliti di Balar Sulsel.

Harapan kolaborasi tersebut untuk meningkatkan output penelitian atau kegiatan untuk meninkatkan kualiatas dan membumikan kebudayaan Indonesia terkhusus di wilayah kerja Balar Sulsel dan BPNB Sulsel untuk penguatan karakter bangsa Indonesia. [hs]

 227 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *