BELAJAR KERAMIK ASING DI LABORATORIUM BALAI ARKEOLOGI SULAWESI SELATAN

Makassar, Balar Sulsel – Peneliti senior Balai Arkeologi Sulawesi Selatan (Balar Sulsel), Dra. Hj. Muhaeminah memberikan kelas khusus untuk mempelajari keramik asing bagi para arkeolog muda. Kelas yang diadakan tanggal 18 Juli 2020 di ruang laboratorium ini diikuti oleh enam orang staf, diantaranya Sriwigati, S.S, Lenrawati, S.S, Hasliana, S.S, Hasrianti, S.S dan Nurul Adliyah Purnamasari, S.S.

Puluhan fragmen keramik asing koleksi laboratorium dijadikan sebagai objek pembelajaran sore itu.

Kelas yang berlangsung selama kurang lebih dua jam itu dimulai dengan melakukan klasifikasi terhadap seluruh keramik sesuai dengan negara asal dan masanya. Seluruh peserta kemudian mendapatkan pengetahuan awal mengenai perbedaan karakteristik keramik asing dari tiap-tiap dinasti. Ada keramik asing dari negara Cina, Thailand, Vietnam, hingga Jepang.

“Perlu waktu yang lama dan latihan terus menerus untuk bisa memahami secara utuh ciri-ciri masing-masing keramik asing.” Jelas Ibu Mien, sapaan akrab Dra. Hj. Muhaeminah diselah-selah kegiatan berlangsung.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan para arkeolog muda di Balar Sulsel dalam menganalisis data arkeologi. Diharapkan ke depannya kegiatan-kegiatan serupa bisa terus belanjut secara berkala. (Nrl)

2 thoughts on “BELAJAR KERAMIK ASING DI LABORATORIUM BALAI ARKEOLOGI SULAWESI SELATAN

  1. Abdul Kodir Balas

    Salam boleh saya bertanya. Saya punya piring keramik diblkngnya ada mrk makassar. Ada logo trs ada kode R.N. 14./136. Dibawahnya.
    Kira” apa pesan yg bisa dibaca dari hal trsbut

    • Balar_Sulsel PenulisBalas

      Apa bisa bapak fotokan pada bagian depan dan belakang yang menandakan itu capnya? fotonya bisa dikirim via email (pubdok.balarsulsel@gmail.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *