Situs Tampung Jawa

Berdasarkan toponimnya situs tersebut oleh masyarakat setempat dianggap sebagai makam orang-orang Jawa  yang pernah datang di Malangke pada masa silam. Secara administratif situs Tampung Jawa terletak di desa Giri Kusuma, Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Letak geografis situs ini berada pada garis lintang 02° 45’ 40 7” Lintang Selatan atau 120° 23’ 32” Bujur Timur. Lokasi utama dikenal oleh penduduk setempat sebagai makam kuno orang-orang Jawa yang pernah datang di Malangke. Situs ini sekarang merupakan tanah datar yang dijadikan sebagai areal perkebunan dan di bagian tengahnya terdapat dua gundukan tanah dengan ketinggian kurang lebih 4-5 meter dengan luas lingkarang antara 10-12 meter dan gundukan tersebut dipercaya sebagai makam utama.

Situs Tampung Jawa ditemukan oleh penduduk setempat secara kebetulan ketika mereka bermaksud untuk mencari barang antik (keramik). Menurut Pak Hambalong (56 Tahun), bahwa ketika menggali bersama teman-temannya untuk  secara kebetulan juga menemukan banyak fragmen batu bata dan bahkan sebagian masih ada yang tersusun rapih (insitu). Selain itu, penggalian liar yang dilakukan di situs tersebut sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Keterangan Pak Hambalong bahwa temuan hasil penggalian liar di situs itu sangat banyak, baik dari segi jumlah maupun dari segi variasinya, diantaranya keramik, gerabah, manim-manik dan barang emas. Akibat penggalian liar yang berkepanjangan itu,  menyebabkan kondisi situs ini mengalami kerusakan yang cukup parah, yaitu  bekas-bakas lubang galian terhampar hampir diseluruh permukaan situs.

Selanjutnya keterangan yang dihimpun dari ingatan kolektif orang-orang tua di Patimang diketahui bahwa dahulunya (semasa kecil mereka) gundukan tanah itu memiliki struktur bata akan tetapi telah dibongkar oleh pencari barang antik. Bahkan menurut mereka tempat ini dulunya sangat disakralkan oleh masayarakat setempat sehingga tidak ada orang berani yang menganggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *